My daily Diary (Indonesia)


Sabtu, 20 Juni 2015

Hari ini gue terima raport. Sejak malam sebelumnya – nggak, sejak hari-hari sebelumnya gue udah pesimis banget. Berbekal kemalasan gue, gue gak merasa akan naik kelas dengan sukses. Oke, salah gue juga karena gue terlalu memikirkan diri gue sendiri untuk gak pernah ngerjain tugas dan malahan berkutat sama gadget gue – yang kata guru-guru ga ada gunanya padahal banyak manfaat yang bisa diambil dari penggunaan gadget. Misalnya, selain juga bisa buat komunikasi, juga bisa mengasah keterampilan melalui ngegame, dengerin lagu, tambah-tambah informasi (yang jarang banget gue manfaatin).
Paginya, gue berasa kaya gurita yang habis makan jelly (a.k.a :lemes banget). Padahal dulu gue paling ga sabar buat terima raport. Emang sih, dulu gue termasuk berprestasi (pas SD doang) dan bukannya jadi sombong, tapi karena gue tetep berada di rutinitas belajar yang sama sejak SD sehingga pemikiran gue masih kaya anak SD – atau mungkin lebih parah.
Gue bangun sekitar jam 6, dan bukannya siap-siap tapi gue malah pergi ke ruang keluarga, menyandarkan diri ke bantal sofa dan menghabiskan sekitar 30 menit ke depan buat nonton “Malam Minggu Miko”, yang entah kenapa mewakili perasaan gue yang merasa akan gagal dengan sukses di malam minggu ini. Setelah nyokap gue bangun, baru gue sarapan. Sarapan gue pun seperti biasanya : nasi mahling yang dikasih kecap dan saus sambal. Berhubung sampe sekarang gue masih belom bisa masak, gue masih mengandalkan keahlian nyokap dan pembantu gue.
Habis sarapan, nyokap nyuruh gue untuk siap-siap, terlebih karena adek gue bakalan camping di sekolah gue. Dan harusnya kita sampai di sekolah jam 8, dan jam segitu gue baru selesai mandi dan masih nyari tas. Gue udah siap-siap dengan berpakaian kemeja putih dan celana jeans hitam, yang biasanya dipake oleh orang-orang yang sudah meninggal. Dan serius, gue juga sempet bilang ke adek gue untuk ngubur gue di taman makam pahlawan, entah apa yang gue perjuangin dalam hidup.
Begitu sampai di sekolah gue, nyokap langsung membebani gue dengan tas-tas yang harus adek gue bawa ke dalam area camping. Dan adek gue pun dengan hanya berbekal satu tas selempang kipling warna hijau langsung melesat masuk. Setelah gue taruh bawaan adek gue, gue langsung nganterin nyokap ke kelas gue, yang sebenernya pengen gue sasarin langsung ke kelas 12 yang udah kosong. Kosong kaya… hati gue.
Setelah mengantarkan nyokap dengan selamat dan tepat, gue mulali celingukan  mencari temen, yang akhirnya gue temuin di hall lantai 1 sekolah. Catatan aja, temen gue ini pinter banget. Jadi gue ngerasa grogi karena jelas-jelas nilai dia bagus semua. Gue tambah ngerasa minder setelah temen gue yang lain dateng, yang sama pinternya dengan temen gue yang gue temuin ini. Kebetulan kami bertiga satu kelompok untuk proyek Biologi. Gue jadi kaya kecipratan rajinnya mereka soalnya mereka berdua rajin banget.
Setelah sekitar 15 menit duduk, kita memutuskan untuk menunggu ortu di depan kelas yang sebenernya gue gak setuju. Gue yakin, nyokap bakalan menyerang gue begitu dia nerima raport gue. Tapi gue diem aja. Apalah diri gue di antara makhluk-makhluk pintar itu.
Akhirnya nyokap temen gue keluar. Gue langsung liat hasilnya dan semakin merasa rendah diri. Nilai terendahnya 81, dan tertingginya 99. gue jadi speechles dan Cuma bisa berucap “Selamat ya,” karena yang menjadi fokus gue adalah nyokap gue yang sekarang sedang berbincang dengan wali kelas gue.
Begitu nyokap gue keluar, dia langsung mengomentari gue “payah”. Gue spontan benerin kancing baju gue dan bersikap pasrah, tapi tetep aja penasaran. Jadi gue sambar – eh – ambil raport gue dari tangan nyokap, dan melihat deretan nilai yang sedang-sedang saja, sestandar wajah gue. Gue langsung balik ke halaman berikutnya dan menemukan tulisan “Naik” yang bikin gue lega. Omelan nyokap gak gue dengerin, dan gue bilang dengan santainya, “Paling nggak aku naik lah, ma.”
Omelan nyokap gue gak berhenti di sekolah. Sepanjang perjalanan pulang di dalem mobil, nyokap gue berceramah soal pentingnya nilai buat masuk kuliah dll. Dan jujur, gue sampe berpikiran buat bikin kuliah sendiri, di mana bener-bener siswa ga dilihat dari nilai tapi dari… kemampuan mereka yang tertera secara numerik di atas kertas (sama aja ya?)
Oke, paling nggak gue masih hidup. Gue masih bertahan untuk belajar di tingkat yang lebih tinggi lagi. At least gue naik kelas. Yah, semoga aja gue bisa bikin resolusi untuk belajar lebih rajin (resolusi ini udah gue bikin sejak gue masuk SMP dan ga terlaksana).
Xoxo,
Amanda

Comments